Pemerintah Kalurahan Janten Mengucapkan : "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 "Minal Aidin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin"

Artikel

Tingkep Tandur Tradisi Syukur lestarikan Budaya Leluhur

22 Juli 2019 09:38:11  Administrator  230 Kali Dibaca 

Hari ini (20/7) pukul 20.00 WIB masyarakat Dusun Jomboran, Desa Janten, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo melakasnakan dan Melestarikan tradisi “Tingkep Tandur”. Tingkep Tandur merupakan serangkaian tasyakuran karena padi yang telah ditanam oleh para petani tumbuh dan berharap dikemudian hari hasilnya sebanding dengan apa yang diusahakan. Sedangkan esensi didalam sebuah acara tingkep tandur ialah muqodaman, tahlilan, doa, dan shodaqoh dengan harapan atas padi yang ditanamnya tumbuh subur, dijauhkan dari hama, sekaligus natinya hasilnya bisa melimpah.

Hal tersebut dikuatkan lagi oleh bapak Tugiman yang mengisi tausiyah dikesempatan tersebut menuturkan," Tingkep tandur merupakan suatu bentuk ungkapan shodaqoh serta doa".

Suatu kebudayaan tak jauh dari nama besar bangsa Indonesia. Beribu-ribu pulau,  suku, bahasa , dan kebudayaan menjadi sebuah icon yang menarik dari betapa luar biasanya bangsa Indonesia. Kebudayaan merupakan suatu adat istiadat yang menjadi simbol dan daya tarik dari sebuah daerah tersebut. Disamping itu perkembangan zaman menjadi suatu hal yang tidak dapat ditolak maupun dibendung oleh suatu daerah. Maka dari itu kebudayaan ditengah-tengah perkembangan zaman menjadi tantangan tersendiri akan kebudayaan itu masih dilestarikan atau malah tergerus oleh perkembangan zaman.

Maka dari itu menguri-uri sebuah kebudayaan menjadi tanggung jawab generasi bangsa yang tak lain jangan sampai kebudayaan yang sudah turun temurun hilang dikarenakan pesatnya perkembangan zaman. Setidaknya bisa mengikuti peradaban tetapi juga jangan mau diperbudak oleh perkembangan zaman. (Latip)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Janten, Temon, Kulon Progo, DIY
Kalurahan : JANTEN
Kapanewon : TEMON
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55654
Telepon : 085302740029
Email : pemdesjanten@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:14
    Kemarin:161
    Total Pengunjung:7.266
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.204.174.110
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID