You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Janten
Kalurahan Janten

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Pemerintah Kalurahan Janten Mengucapkan : "Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1445 H"

Kegiatan Bersih makam Kamis wage (Gotong-royong, Ruh dan kekuatan Warga Janten)

Administrator 20 Maret 2020 Dibaca 1.165 Kali

Setiap hari Kamis Wage, warga Dusun III Janten, Temon melakukan kegiatan rutin, yaitu kerja bakti membersihkan area makam Nyi Sopodo yang beralamat di RT 09 RW 04 Janten Desa Janten, Temon, Kulon Progo.

Kegiatan kerja bakti ini sudah di mulai sejak awal tahun 2020 kemarin. Saat ditanya apa motivasi untuk melakukan kegiatan kerja bakti ini, Bapak Sukismana selaku pencetus ide mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengguyubkan kembali warga Dusun Janten dan memberi penghormatan untuk leluhur yang dimakamkan di area makam Nyi Sopodo tersebut sekaligus sebagai manivestasi bahwa warga Janten masih Melestarikan Gotong-royong sebagi ruh dan Kekuatan warga Kalurahan.

Hari Kamis Wage yang sebelumnya biasanya hanya dihadiri 10-15 warga yang sukarela bekerja bakti di area makam Nyi Sopodo ini, namun hari Kamis Wage ini hampir ada 60 warga yang ikut kerjabakti. Antusias warga dalam kerja bakti kali ini juga membuat area makam Nyi Sopodo menjadi ramai dan kesan menakutkan area pemakaman tidak terasa. Beberapa warga membawa alat kerjabakti sendiri seperti sapu lidi, parang, cangkul, dan daun kelapa kering untuk membakar sampah di area pemakaman. Para warga dengan sukarela mencabuti rumput yang terlihat mengganggu, memotong ranting-ranting dahan pohon yang tidak terawat dan mencangkul permukaan tanah yang tidak rata. Sungguh pemandangan yang menyenangkan karena gotong royong di era modern ini memang sudah sulit terlihat di kehidupan sehari-hari. Dan dengan sukarela para warga juga membawa beberapa makanan ringan untuk disantap bersama. Seperti gorengan, kue nagasari, kue pia, es lilin kacang ijo, aneka roti, dan wedang teh anget.

Semoga dengan adanya kegiatan kerjabakti rutin setiap hari Kamis Wage ini bisa berjalan terus dan bisa diteruskan oleh para generasi muda kedepannya, semoga para warga khususnya warga dusun III Janten menjadi semakin kompak dan rukun, dan area makam Nyi Sopodo menjadi area makam yang tidak lagi menyeramkan.(KYP)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image