You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Janten
Kalurahan Janten

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Janten Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo DIY 5564 Telp/WA 0853 0274 0029

Ikuti Karnaval HUT RI Tingkat Kapanewon, Kalurahan Janten Membawa Replika Kambing Raksasa

Admin Janten 20 Agustus 2024 Dibaca 284 Kali
Ikuti Karnaval HUT RI Tingkat Kapanewon, Kalurahan Janten Membawa Replika Kambing Raksasa

Kalurahan Janten mengikuti Karnaval sebagai Rangkaian Peringatan HUT RI Kapanewon Temon Hari Senin 19/8. Start Karnaval dimulai dari lapangan Temon Kulon melalui depan Kapanewon Temon dan berakhir di Masjid Hasinul Muttaqin Kalurahan Kedundang.

Pada Karnaval kali ini Kalurahan Janten diwakili oleh Padukuhan Dukuh mengambil tema "Janten masa lalu, saat ini dan yang akan datang". dengan menampilkan replika kambing raksasa yang diiring oleh pemiliknya para petani, sebagai gambaran sebagian besar profesi masyarakat Janten masa lalu bahkan sampai saat ini yakni sebagai petani dan peternak, namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan pembangunan yang sangat pesat di Kapanewon Temon membuat warga tersadar bahwa potensi pertanian semakin berkurang seiring berkurangnya lahan dan minat generasi muda pada sektor pertanian. Hal itu yang membuat masyarakat mencoba untuk mengembangkan sektor lain yakni industri rumah tangga, salah satunya adalah batik, karena batik pernah ada sebagai industri rumahan di Kalurahan Janten.

Pemerintah Kalurahan Janten pun menjembatani hal tersebut dengan mengadakan Pelatihan Membatik pada Tahun anggaran 2024 ini. pada Karnaval kali ini Kalurahan Janten juga membawa hasil batik buatan peserta pelatihan yang dibawa oleh Ibu-Ibu PKK dan Anggota Karangtaruna Padukuhan Dukuh Rentasindo dan Karangtaruna Kalurahan Janten "Tunas Muda" dengan disertai tarian yang filosofinya adalah diperoleh kesejahteraan dan kebahagiaan dari upaya pemberdayaan tersebut.

Pemerintah Kalurahan Janten memberikan Apresiasi yang setigggi-tingginya kepada Padukuhan Dukuh yang sudah beruaya maksimal untuk mewakili Kalurahan Janten pada edisi karnaval tahun ini (Mr. Sunny)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image