You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Janten
Kalurahan Janten

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Janten Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo DIY 5564 Telp/WA 0853 0274 0029

Kalurahan Janten Gelar Sosialisasi STBM

Admin Janten 20 Juli 2022 Dibaca 696 Kali
Kalurahan Janten Gelar Sosialisasi STBM

Hari Selasa dan Rabu (19, 21/7) Pemerintah Kalurahan Janten menyelenggarakan Sosialisasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Acara ini diprakarsai Oleh Puskesmas 2 Temon dan Pemerintah Kalurahan Janten. Rendahnya kesadaran masyarakat terkait perilaku hidup sehat utamanya terkait dengan sanitasi keluarga menjadi latar belakang diadakannya kegiatan ini.

kegiatan yang berlangsung 2 hari ini dibagi menjadi 2 kelompok, hari Selasa untuk Padukuhan Tegalrejo, Tegalsari dan Janten sedangkan hari Rabu untuk Padukuhan Dukuh dan Jomboran.

Narasumber dari kegiatan ini yakni Bapak Agus dar Puskesmas 2 Temon menyampaikan terdapat 5 Pilar STBM yaitu

  1. Stop Buang Air Besar Sembarangan; adalah kondisi ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan yang berpotensi menyebarkan penyakit.
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun; adalah perilaku cuci tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun.
  3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga; adalah melakukan kegiatan mengelola air minum dan makanan di rumah tangga untuk memperbaiki dan menjaga kualitas air dari sumber air yang akan digunakan untuk air minum, serta untuk menerapkan prinsip higiene sanitasi pangan dalam proses pengelolaan makanan di rumah tangga.
  4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga; adalah melakukan kegiatan pengolahan sampah di rumah tangga denganĀ  mengedepankan prinsip mengurangi, memakai ulang, dan mendaur ulang.
  5. Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga; adalah melakukan kegiatan pengolahan limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sisa kegiatan mencuci, kamar mandi dan dapur yang memenuhi standarbaku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan yang mampu memutus mata rantai penularan penyakit.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan perilaku yang dapat meningkatkan derajat kesehatan dimulai dari perilaku tiap keluarga.(Mr. Sunny)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image