You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Janten
Kalurahan Janten

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Janten Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo DIY 5564 Telp/WA 0853 0274 0029

Pemerintah Kalurahan Janten Selenggarakan Rembuk Stunting

Admin Janten 20 Mei 2022 Dibaca 598 Kali
Pemerintah Kalurahan Janten Selenggarakan Rembuk Stunting

Janten (19/5) Bertempat di Balai Kalurahan Janten, Rembug Stunting tahun 2022 dilaksanakan dengan dihadiri narasumber dari pihak Kapanewon Temon, Puskesmas Temon 2, Pendamping Desa, serta dihadiri perwakilan ibu-ibu dari Kalurahan Janten. Program  Rembug Stunting ini adalah salah satu realisasi dari Perpres No. 72 tahun 2021 tentang penurunan stunting yang dimana target nasionalnya adalah Zero Stunting di tahun 2030.

Diawali dengan narasumber pertama sosialisasi Perpres No. 72 tahun 2021 oleh Ibu Tri Mulatsih selaku pendamping desa menerangkan target-target penurunan stunting berskala nasional, diharapkan peran dari kalurahan bekerjasama dalam mencapai target tersebut.

 Narasumber kedua Ibu Yuliani dari Puskesmas Temon II menyampaikan analisis data stunting Kalurahan Janten, dimana terdapat 16 nama anak yang terindikasi stunting serta menyampaikan bagaimana intervensi yang tepat dalam penanganan stunting yang terjadi di Kalurahan Janten.

Berbagai usulan dari ibu-ibu untuk pencegahan dan penanganan stunting ditampung oleh pihak kalurahan untuk program kerja tahun 2023, diantaranya adalah anggaran yang dikhususkan untuk balita yang terikindasi stunting, sosialisasi jaminan Kesehatan untuk ibu hamil dan balita, kelas ibu hamil dan balita, pelatihan serta pemberian PMBA, sosialisasi KESPRO untuk remaja, sosialisasi serta pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri, pemberian PMT pemulihan untuk bayi kurang gizi, dan masih banyak lagi. Dari beberapa usulan tersebut sudah ada yang direalisasikan tahun 2022, dan usulan yang belum direalisasikan bisa direalisasikan pada tahun berikutnya.

Mengingat pada tahun 2021 Janten menempati urutan ke 2 kasus stunting terbanyak di Kapanewon Temon dengan 16 kasus, dan dengan adanya program khusus untuk penanggulangan stunting ini serta kesungguhan dari pemerintah Kalurahan Janten dalam menangani kasus stunting diharapkan Kalurahan Janten ditahun berikutnya dan tahun-tahun seterusnya bisa mencapai target Zero Stunting.

Rembug stunting ini juga dapat disaksikan live di channel youtube Pemkal Janten dengan link https://www.youtube.com/watch?v=2y3rUi-05N8 (Ms. Pluto)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image