You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Janten
Kalurahan Janten

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Janten Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo DIY 5564 Telp/WA 0853 0274 0029

Smart Village : Kalurahan Janten Adakan Sosialisasi Literasi Digital

Admin Janten 04 Desember 2023 Dibaca 1.058 Kali
Smart Village : Kalurahan Janten Adakan Sosialisasi Literasi Digital

Janten (5/12) Memasuki Bulan Desember Kalurahan Janten disibukkan oleh beberapa kegiatan, salah satunya adalah pelaksanaan kegiatan dari program Smart Vilallage yang diprakasai oleh Kementrian Desa Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melaui Duta Digital di tingkat kabupaten dan Kader Digital di tingkat desa/kalurahan. Kegiatan awal dari program smart village di Kalurahan Janten ini dihadiri oleh Duta Digital Kabupaten Kulon Progo, Korwil Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) Yogyakarta, Lurah beserta jajaran pamong,BPK, juga beberapa perwakilan dari masyarakat Janten.

Kegiatan Smart Village di hari pertama ini diawali dengan sosialisasi smart village dilanjutkan sosialisasi literasi digital. Kegiatan sosialisasi smart village disampaikan oleh Bapak Eko Susanto selaku duta digital Kulon Progo. Dalam kegiatan ini, Pak Eko menyampaikan gagasan,tujuan, serta visi misi program smart village dan meminta audien untuk menuliskan harapan bagi Kalurahan Janten untuk menjadi desa cerdas.

Kemudian kegiatan sosialisasi literasi digital, disampaikan oleh Ibu Fitria Indri selaku koordinator wilayah Mafindo Jogja. Dalam kegiatan ini, disampaikan point-point yang sangat penting bagaimana etika kita dalam bermedia sosial. Salah satunya adalah bagaimana kita dituntut berfikir kritis dan tidak menerima mentah-mentah informasi yang di dapat dari sosial media, soslusinya adalah dengan mengecek kebenaran berita tersebut di website turnbackhoax.id dan cekfakta.com. Selain itu, juga ada tips bagaimana kita mengidentifikasikan kabar tersebut hoax atau bukan, yaitu dengan mencermati judul berita dan isi berita. Jika isi berita tersebut mengandung emosi (tersulut kemarahan, kesedihan,senang,dsb) maka bisa menjadi indicator bahwa berita tersebut hoax. Begitupula dengan judul berita jika berita tersebut penulisannya menggunakan huruf besar semua, bisa dipastikan juga berita tersebut hoax. Jika pembaca menginginkan untuk lebih mengetahui bagaimana menghindari hoax, penipuan, dan kejahatan digital lainnya, bisa mendapatkan materi terkait dari Mafindo bisa hubung Kader Digital Desa (Mbak Kharisma).

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut di atas, akan terlebih dulu terbentuk masyarakat cerdas. Karena jika masyarakat cerdas, maka lingkungan cerdas, tata Kelola cerdas, ekonomi cerdas, juga pasti akan tercapai dan menjadi satu keutuhan Desa Janten yang cerdas di semua aspek.(Pluto)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image